4 Cara Mudah Mengupas Telur Rebus dengan Baik dan Mulus

0 comments Posted by ,
          Mengupas telur rebus terkadang jadi pekerjaan yang menyita waktu. Pasalnya, tidak seperti ketika kita masih kecil, sekarang kita tidak lagi menikmati proses mengupas satu per satu pecahan kulit telur rebus. Akibatnya terkadang kita malah jadi tidak sabaran dan jadi merusak bentuk telur rebusnya. Belum lagi kalau kita harus mengupas telur rebus dalam jumlah banyak untuk diolah lebih lanjut. Tidak jarang jari telunjuk dan jari jempol pun ikut lelah dan lecet!
Supaya tidak kapok mengupas telur rebus, sebetulnya ada lho beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengupas kulit telur rebus dengan mudah dan cepat.

1.  Meniup
    Hah? Meniup? Ya, benar, meniup. Siapa sangka meniup telur rebus bisa jadi cara yang mudah dan cepat. Begini caranya.
Pertama-tama, ketuk bagian atas dan bawah telur rebus hingga kulitnya retak, lalu kupas sedikit dengan proporsi lubang yang satu lebih besar dari lubang yang lain. Kemudian, tiuplah telur sekuat tenaga dalam satu hentakan pada lubang yang lebih kecil. Phuuh! Dengan sekejap telur akan melesat keluar dari cangkangnya. Kalau kamu ingin mencobanya, pastikan lubang yang lebih besar cukup untuk membuat telur melesat ya. Jika tidak cukup besar, bisa-bisa pipi kamu pegal karena telur tidak melesat juga setelah kamu tiup dengan kencang!
2. Menekan dan Menggulingkan.
    Cara ini mungkin lebih praktis lagi dari cara di atas. Untuk mengupas telur rebus dengan cara ini, kita tidak perlu membuat lubang atau mengupas sedikit bagian telur secara manual.
Kamu hanya perlu memecahkan telur di meja, menekan telur dengan telapak tangan, lalu menggulingkan sebanyak satu putaran penuh ke depan agar seluruh kulit telur retak dengan sempurna.
3. Mengocok Telur Dalam Gelas Berisi Air.
    Intinya sih sama dengan cara sebelumnya, yaitu membuat seluruh permukaan kulit telur rebus retak seluruhnya. Hanya saja dalam cara yang keempat ini kita menggunakan air agar kulitnya lebih mudah lepas.
Caranya, isi gelas dengan sedikit air, kemudian masukan telur ke dalam gelas tersebut. Tutup dengan jari, lalu kocok gelas dengan kencang agar kulit telur rebus mengelupas.  Kulit telur rebus langsung lepas begitu saja ketika ditarik dari dalam gelas.
4. Baking Soda
    Ternyata, merebus telur dengan air yang dicampur dengan baking soda juga dapat membuat kulit telur rebus lebih mudah dikupas lho. Kamu cukup membelah telur menjadi dua. Kita pun tidak perlu repot-repot melepas pecahan kulit telur satu per satu.
Menurut ilmuwan makanan, Harold McGee, putih telur mengandung pH yang rendah, sehingga mudah merekat kuat pada kulit telur. Menambahkan sedikit baking soda akan menimbulkan alkalinitas, sehingga kulit telur jadi lebih mudah untuk lepas.
Tetapi hati-hati ya, terlalu banyak menambahkan baking soda bisa membuat telur-telur yang kita rebus menjadi berbau!
 Semoga dengan informasi-informasi di atas, acara mengupas telur rebus tidak lagi menjadi hal yang menyebalkan dan merepotkan untukmu ya! datang lagi ya 

(sumber: www.nyoozee.com dengan sedikit perubahan )

Related Post :

0 Comments for "4 Cara Mudah Mengupas Telur Rebus dengan Baik dan Mulus"