10 Tumbuhan Langka di Indonesia

0 comments Posted by ,
         
                    Nah, kali ini Black orchid akan memberikan pengetahuan tentang tumbuhan langka di Indonesia, Ngomong -ngomong Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kekayaan budaya dan alamnya lho! Bahkan tidak jarang kita menemukan tumbuhan yang langka atau sulit sekali ditemukan, Makanya kita harus menjaga tanaman langka.

Berikut ini 10 tanaman langka di Indonesia :

1.Bunga Bangkai


     Bunga bangkai adalah bunga raksasa yang unik karena ia mengeluarkan bau yang busuk tidak seperti yang lainnya, Sebenarnya bau busuk itu mengundang serangga agar hinggap di bunga dan membantu proses penyerbukan. Bunga ini bisa tumbuh sampai 4 meter lho, ketika mekar, bagian dalamnya berwarna putih krem, Sedangkan mahkotanya berwarna merah tua keunguan, Bunga bangkai berbunga dalam rentang waktu 5 tahun wah lama sekali ya habitat aslinya berada di Sumatera, Akan tetepi sekarang sudah mulai banyak yang dilestarikan di daerah lain salah satunya di Taman Hutan Raya Ir Djuanda, Bandung.



2.Bunga Rafflesia Arnoldi



    Bunga Rafflesia Arnoldi juga mempunyai nama lain yaitu padma raksasa. Bunga Rafflesia Arnoldi adalah bunga raksasa,sama seperti bunga bangkai bunga ini juga mengeluarkan bau busuk karena itu banyak orang keliru dengan menyebutkan nama bunga ini sebagai bunga bangkai, Bunga Rafflesia tumbuh melebar bukan meninggi seperti bunga bangkai, tingginya bisa 1 meter dan beratnya mencapai 10 kilogram masa tumbuhnya selama 9 bulan, Setelah mekar 7 hari ia akan layu dan mati, Ia hidup di menumpang di inangnya, Maka dari itu habitatnya bergantung pada inangnya, Saat ini populasi bunga ini habitatnya  semakin menyusut karena habitatnya yang semakin sempit karena adanya alih fungsi hutan menjadi area pemukiman, pertanian, dan lain-lain.




3.Cendana

  Cendana merupakan penghasil kayu cendana dan minyak cendana, Kayunya digunakan sebagai rempah -rempah, bahan dupa, aroma terapicampuran parfum, serta sangkur keris. Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama ber abad - abadCendana merupakan salah satu pohon yag memiliki banyak kegunaan, Karena banyak kegunaan nya tidak heran jika cendana dikenal di Indonesia, Sayangnya tumbuhan ini sulit untuk dibudidayakan karena itu tanaman ini di bilang terancam punah, pada awalnya cendana adalah tumbuhan parasit karena ia tidak bisa hidup sendiri, Maka dari itu, pohon cendana menjadi berkurang populasinya, Minyak kayu dasar cendana menjadi mahal karena cendana menjadi langka.



4.Damar



     Pohon damar adalah sejenis tanaman runjungyang merupakan tumbuhan asli Indonesia. Pohon ini juga mempunyai nama lain yaitu agathis dammara. Pohon  ini memiliki batang yang tingginya bisa mencapai 60 meter, Pohon ini memiliki banyak sebutan salah satunya salo(Ternate), Selain kayunya, getahnya juga bisa dimanfaatkan,sebagai bahan pembuatan kopal, Kopal adalah bahan dasar pembuatan pelapis kertas dan juga lak atau vernis.




5. Kantong Semar



    
     Di Inggris kantong semar disebut Tropical pitcher plant. Kantong semar adalah tumbuhan insectivora atau pemakan serangga di dekatnya contohnya lalat, Tumbuhan ini bisa mencapai tinggi sampai 20 meter dengan cara memanjat tanaman lain, Sebenarnya ada beberapa spesies yang tidak memanjat tanaman lain.Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong, yaitu alat perangkap yang digunakan untuk memakan mangsanya.Pada Umumnya  Kantong semar memiliki tiga macam bentuk kantung, yaitu kantung atas, kantong bawah dan kantong rosetKebanyakan spesies tumbuh di tempat dengan kelembaban tinggi dan cahaya dengan tingkat menengah hingga tinggi.  Tanah tempat tumbuh nepenthes biasanya miskin hara dan asam. 



6. Ulin 
  

     Ulin atau disebut juga dengan bulian atau kayu besi adalah pohon berkayu dan merupakan tanaman khas kalimantan, Kayu ulin terutama dimanfaatkan sebagai bahan bangunan seperti kostruksi rumah jembatan dan lain - lain. Ulin termasuk jenis pohon besar yang tingginya dapat mencapai 50 m dengan diameter sampai 120 cm . Pohon ini tumbuh pada dataran rendah sampai ketinggian 400 m. Ulin umumnya tumbuh pada ketinggian 5 – 400 m di atas permukaan laut dengan medan datar sampai miring, Tumbuh terpencar atau mengelompok dalam hutan campuran namun sangat jarang dijumpai di habitat rawa-rawa. Kayu Ulin juga tahan terhadap perubahan suhu kelembapan dan pengaruh air laut sehingga sifat kayunya sangat berat dan keras. 



7. Anggrek Tebu



    Grammatophyllum speciosum juga disebut anggrek tebu. Anggrek tebu merupakan keluarga anggrek yang paling besar dan paling berat, Satu rumpun anggrek tebu dewasa berat nya bisa mencapai satu ton dengan panjang higga 3 meter, karena ukurannya bunga ini disebut sebagai anggrek raksasa, Karena terkenal dengan namanya sebagai anggrek raksasa,tak ayal tinggi tanaman ini bisa mencapai kurang lebih 2,5 sampai 3 meter, dengan diameter 1,5 hingga 2 cm. setiap malai ditanaman ini bisa tumbuh hingga puluhan atau bisa sampai dengan ratusan kuntum bunga yang bisa tumbuh dengan diameter sekitar 10 cm. penamaan “tebu” pada tanaman ini pun tak luput dari bentuk batangnya yang menyerupai pohon tebu.



8. Tengkawang



   
     Tengkawang adalah nama buah dan pohon dari beberapa jenis Shorea, suku dipterocarpaceae, yang menghasilkan minyak lemak yang berharga tinggi. Pohon-pohon tengkawang ini hanya terdapat di Kalimantan. Dalam bahasa Inggris tengkawang dikenal sebagai illipe nut atau Borneo tallow nutSebagaimana umumnya Shorea, tengkawang tidak selalu berbuah pada setiap tahun. Dan ada waktu-waktu tertentu setiap beberapa tahun sekali di mana produksi tengkawang berlimpah, yang umum dikenal sebagai musim raya. Pada musim seperti ini, pohon-pohon tengkawang di banyak daerah berbunga dan berbuah pada saat yang hampir bersamaan, dan dalam jumlah yang berlimpah. Pohon-pohon tengkawang yang telah tua dan tidak lagi produktif biasanya ditebang untuk dimanfaatkan kayunya. Kayu tengkawang dalam dunia perdagangan umumnya tergolong ke dalam kayu meranti merah. 



9. Daun payung
   


     Daun payung adalah sejenis palem yang mempunyai daun yang besar, lebar, dan relatif kuat. Di pedalaman Semenanjung Malaya dan Sarawak, ia dipergunakan sebagai atap. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama sang gajahsang minyak sumutdaun sang Sumatera, dan daun salo. Daun raksasa termasuk dalam jenis tanaman palem. Masyarakat setempat juga sering menyebutnya dengan istilah daun sang. Jenis ini merupakan salah satu dari empat anggota genus Johannestijsmania. Tanaman ini masuk ke dalam keluarga pinang-pinangan atau disebut palem.Beberapa negara memiliki sebutan berbeda untuk daun raksasa ini yaitu daun payung sal untuk Malaysia, bang soon untuk Thailand, dan di negara inggris menyebutnya dengan umbrella leaf palm.Daunnya yang tebal dan kuat sering dimanfaatkan oleh warga untuk membuat atap dan dinding rumah. Daun raksasa mampu menahan air hujan dalam jangka waktu yang lama. Daun raksasa, di negara Thailand bahkan ada yang menggunakannya untuk atap sebuah sekolah ramah lingkungan. Sering pula dijadikan sebagai payung darurat serupa daun pisang karena lebar daunnya.



10. Edelweis Jawa


       Anaphalis javanica, yang dikenal secara populer sebagai Edelweiss jawa (Javanese edelweiss) atau Bunga Senduro, adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Nusantara.[1] Tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian 8 meter dan dapat memiliki batang sebesar kaki manusia walaupun umumnya tidak melebihi 1 meter. Tumbuhan ini sekarang dikategorikan sebagai langka.

Edelweis merupakan tumbuhan pelopor bagi tanah vulkanik muda di hutan pegunungan dan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya di atas tanah yang tandus, karena mampu membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu yang secara efektif memperluas kawasan yang dijangkau oleh akar-akarnya dan meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara. Bunga-bunganya, yang biasanya muncul di antara bulan April dan Agustus[1] , sangat disukai oleh serangga, lebih dari 300 jenis serangga seperti kutu, tirip, kupu-kupu, lalat, tabuhan, dan lebah terlihat mengunjunginya.


                     Nah itulah daftar 10 tumbuhan langka di Indonesia yang saat ini keberadaan nya              semakin terancam dengan mengetahui berbagai tumbuhan tersebut kita bisa menjaga kelestarian alam dengan baik, Sudah dulu ya : ) bye




Related Post :

0 Comments for "10 Tumbuhan Langka di Indonesia"