Apa itu Buah Strawberry ?

0 comments Posted by ,



             Hai, sudah lama nih gak nge-post lagi >_< hehehe. Ok, kita mulai sekarang. Action....
  Kalian sudah tahu kan apa itu buah strawberry ?,bagi yang belum tahu kita dari Black Orchid akan  memberi tahu kalian lewat post-an ini. Silahkan di baca, semoga dapat menambah ilmu.

   HAVE FUN........

           Buah strawberry itu adalah buah yang  mengandung serat yang tinggi, folat, antioksidan (vitamin C dan flavonoid), serta rendahnya lemak dalam buah stroberi secara serempak menjadi suatu paket kesehatan yang ideal bagi jantung, hal ini karena senyawa-senyawa tersebut secara efektif dapat mengurangi kolesterol.    

 Manfaat buah strawberry

Antioksidan
  • Stroberi mengandung senyawa kimia yang disebut fenol. Antosianin (Anthocyanin), salah satu jenis fenol yang melimpah pada buah stroberi, menjadikan buah ini berwarna merah terang. Antosianin dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, yang mana dapat berperan sebagai agen antioksidan dalam tubuh.
  • Diet
    Satu cangkir stroberi, kurang lebih 255 gram, dapat memenuhi lebih dari 13% asupan serat harian yang disarankan. Kandungan serat dalam stroberi dapat membantu memperlancar pencernaan, membuat anda kenyang lebih lama, dan dapat menurunkan tekanan darah.
  • Kesehatan mata
    Penelitian menyatakan bahwa sajian tiga buah atau lebih buah stroberi setiap harinya dapat menurunkan resiko degenerasi makula dan katarak yang berhubungan dengan usia hingga sepertiganya.
  • Kesehatan tulang
    Mangan sangat baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, mineral potasium, magnesium, dan vitamin K pada buah stroberi juga baik dalam mempromosikan tulang yang sehat.
  • Anti-inflamasi
    Senyawa fenol dalam stroberi juga dapat melawan banyak gangguan inflamasi, seperti osteoarthritis, asma dan aterosklerosis, dengan menghambat enzim siklooksigenase (COX) dengan cara yang sama yang dilakukan obat aspirin dan ibuprofen. Stroberi, bagaimanapun, tidak membawa efek samping yang tidak diinginkan seperti gangguan pencernaan.(Wah, aku asma lho)
  • Anti-kanker
    Kombinasi agen antioksidan dan anti-inflamasi yang ditemukan dalam stroberi terkenal dapat melawan timbulnya berbagai bentuk kanker. Berkat vitamin C, folat, dan flavonoid yang dikandungnya, stroberi adalah pertahanan yang hebat untuk melawan sel berpotensi kanker.
  • Vitamin C melimpah
    Seperti ditunjukkan oleh gambar di atas, sajian 255 gram buah stroberi dapat memenuhi lebih dari 150% asupan harian vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif, dapat memperkuat daya tahan tubuh, dan membantu menurunkan tekanan darah. Wow, fantastic
  • ManganMangan (manganese) adalah nutrisi penting yang bertindak sebagai antioksidan kuat dan agen anti-inflamasi. Dengan meningkatkan kadar superoxide dismutase (SOD), mangan tidak hanya membantu untuk melawan radikal bebas, tetapi juga mengurangi inflamasi sel–penyebab lain dari berbagai penyakit kardiovaskular. 
Wow, ternyata banyak juga ya manfaatnya. Makanya di rumah, aku juga lagi nanem strawberry.
  • Sekarang kita beralih ke kandungan gizinya

           Buah stroberi merupakan sumber Vitamin C yang sangat baik, begitu pula halnya akan kandungan flavanoids dan phenolic acids. Stroberi juga mengandung fisetin dan memiliki level tinggi antioksidan dibandingkan buah lainnya.
           Buah ini sangat rendah akan lemak jenuh (saturated fats), kolesterol dan sodium. Selain itu, stroberi juga termasuk sumber mineral potas, mangan, dan iron yang cukup baik, dilengkapi dengan beberapa vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin K, vitamin A, and vitamin E.

  • Sekarang kita ke sejarah buah strawberry

           Buah ini dipercaya berasal dari benua Amerika, tepatnya dari daerah yang sekarang bernama Chile. Bentuknya yang manis dan memikat membuat buah strawberry dengan cepat menyebar ke daratan Eropa dan Asia. Dalam sejarah Yunani kuno, buah ini dijadikan sebagai lambang cinta atau dewi cinta. Hal ini mungkin didasari karena warna dan bentuknya yang cantik, aromanya yang wangi, serta rasanya yang kadang sangat asam dan kadang juga manis, seperti cinta itu sendiri.
          Hingga saat ini asal nama buah strawberry belum jelas dan masih menjadi perdebatan. Ada banyak teori yang berkembang dari masing-masing wilayah. Ada teori yang menyebutkan jika nama strawberry diambil dari sebutan anak-anak di Inggris pada abad 19. Dimana letak buah memang berada pada ujung batang tanaman yang berbentuk panjang seperti sedotan (straw), dan mereka menjual buah tersebut dengan nama "straw berry" (buah berry yang berada pada straw / sedotan).
   
         Namun teori yang paling populer mengenai asal nama dari buah ini adalah berdasarkan cara menanamnya (pada jaman dulu). Dimana cara menanam buah ini dengan cara menaburkan bijinya diatas tanah (strewn). Yaitu dari kata streabergen (strea adalah menaburkan, dan bergen adalah biji atau buah). Dari kata "streabergen" inilah kemudian berkembang menjadi streberie, strauberie, straubery, strauberry, dan terakhir menjadi strawberry.
 
 Sudah dulu yaaa, aku capek nih, tapi capekku akan hilang jika kalian mau 
coment,dan berkunjung disini lagi☺☺☺☺☺☺☺
 
 





Related Post :

0 Comments for " Apa itu Buah Strawberry ?"