Iklim di Indonesia

0 comments Posted by ,


     Kali ini Black Orchid akan menjelaskan tentang iklim yang ada di Indonesia, bagi yang mau tahu untuk mengerjakan tugas, menjawab PR, atau hanya ingin sekedar mengetahui , silahkan dibaca!!
Iklim adalah keadaan hawa, suhu, hujan, sinar matahari pada suatu daerah dengan jangka waktu tertentu.
Indonesia beriklim Tropis, ini disebabkan oleh karena di Indonesia tidak akan pernah mengalami musim salju, dan musim dingin.
          Indonesia mengalami 3 musim yaitu:
1.Iklim Muson
   Iklim ini terjadi selama 6 bulan dalam 1 tahun dan ini terjadi secara bergantian, ini terjadi karena pengaruh   angin musim.Iklim Muson (angin muson) tersebut ada dua macam yaitu:
(a).Angin Muson Barat (Angin Muson Barat Daya)
     bertiup antara bulan Oktober -April, angin ini membawa sifat basah dan menjadikan bulan-bulan tersebut megalami musim penghujan.

(b).Angin Muson Timur
     bertiup antara bulan April-Oktober, angin ini membawa sifat kering dan menjadikan bulan-bulan tersebut mengalami musim kemarau.
https://nasriaika1125.files.wordpress.com/2013/08/muson-timur.jpg
 2.Iklim Tropika(Panas)
    Karena Indonesia termasuk daerah / Negara yang beriklim Tropika atau beriklim panas,maka keadaan cuaca di Indonesia rata-rata panas.Selain itu di Indonesia juga banyak terjadi hujan yang disebut Hujan Naik Tropika.Itu semua disebabkan karena Negara Indonesia dilalui atau berada pada Garis Khatulistiwa.
3.Iklim Laut
  Karena Negara Indonesia merupakan Negara Kepulauan yang dikelilingi oleh lautan dan samudera,oleh karena itu maka indonesia juga mempunyai iklim laut yang memiliki sifat lembab dan sering sekali membawa hujan.

     Oke sekian informasi dari kami, semoga dapat bermanfaat, trima kasih.
 DATANG LAGI YAAA!!!!



                                                                                           (sumber :Ringkasan buku"Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap")

Related Post :

0 Comments for "Iklim di Indonesia"