Cara Membuat Blog Cepat Mudah Gratis

0 comments Posted by ,

     Halo, untuk posting pertama di blogku, aku mau share cara membuat blog di blogger. Berhubung aku juga baru buat blog ini karena blogku yang sebelumnya gak bisa dibuka karena lupa password gmailku. Sedih lho... eh, nggak juga sih, soalnya blog sebelumnya belum ada isinya *(-_-)*. Baiklah, sebenarnya apakah Blogger itu? Para pemula mungkin sudah sering mendengarnya tapi kebanyakan belum tahu apakah sebenarnya Blogger itu. Jadi, blogger adalah situs  layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003 (mengutip dari wikipedia). Dengan ini, kita bisa membuat blog dengan mudah tanpa dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Enak ya? Nah,bagi kalian yang suka berbagi ilmu, menge-share foto, berbagi pengalaman, menulis cerpen, artikel, karya-karya tulisa lain, dan sebagainnya, bisa mulai membuat blog dari sekarang dan biarkan karyamu dilihat oleh dunia *?*
          Ok, guys. Tanpa berlama-lama lagi, ayo ikuti langkah berikut.
1. Buat akun gmail. (bila sudah punya gmail bisa langsung skip ke langkah selanjutnya)
     Bila belum punya, klik cara membuat gmail disini. Akun gmail ini yang akan kita gunakan untuk sekalian menjadi account blogger. Dengan masuk ke gmail kita, kita langsung bisa membuka dashboard blog dan menge-check apa-apa tentang blog kita.

2. Kunjungilah blogger.com 
     Masukkan alamat account gmail kalian , kemudian isikan sandi kalian, kliklah masuk. Tunggu sampai kalian sudah benar-benar masuk.
      
3. Setelah berhasil masuk, klik tulisan buat blog baru
      Akan muncul dialog box (atau palah namanya) untuk memulai dasar membuat blog. Isikan sesuai yang diminta.

4. Pada baris atas, isi judul blog 
     Usahakan agar judul blog tidak panjang, mudah dihafal atau menyangkut konten blog jika ingin judul blog yang baik. Kalau enggak sebenernya juga gk papa, tapi dengan judul yang baik, orang akan mudah menghafalnya. Saat perlu, mungkin mereka bisa langsung teringat pada blog kalian karena judul blog kalian menarik, dan singkat.
     Di bawahnya,  buat alamat blog (seperti contoh diatas) sampai ada tulisan "Alamat Blog Tersedia" dan terdapat tanda centang putih biru seperti pada gambar. Selanjutnya, pilih template (tema tampilan blog kalian). Pilihlah tema yang sesuai dengan konten blog yang kira-kira akan menjadi pokok bahasan blogmu.
 
5. Klik buat blog
     Tunggu sampai proses selesai, sampai tertera judul blogmu di blogger home.

6. Selesai sudah :).
     Jika ingin membuat posting/artikel baru, klik gambar pensil. Kalian akan dibawa ke halaman yang ada kotak putihnya. Di atasnya terdapat beberapa tools seperti yang ada pada microsoft word.
Nah, ada beberapa yang perlu kalian pahami disini.
  •  Isilah judul posting di kotak panjang di atas. Buatlah judul yang dapat menarik pengunjung yang banyak ke blog kalian.
  • Di kanan judul blog. Tertera tulisan publish, save, preview, dan close. Akan kujelaskan satu-satu (mungkin sebenarnya tidak perlu jika kalian sudah mengerti apa bahasa Indo nya).
  • Publish : Bila artikel sudah selesai dibuat, klik lah publish untuk mem-publikasikan artikelmu.
  • Save    : Jika artikel masih belum selesai dibuat, atau masih ada yang belum ditambahkan atau sebagainya, klik save dan posting mu akan tersimpan di draft.
  • Preview : Digunakan untuk meninjau atau melihat seperti apakah nanti posting kita tampil di blog. Dengan meninjau dulu, kita bisa memperbaiki sesuatu yang kurang pas pada posting.
  •  Close : Jika tidak jadi membuat posting.

Oke, dengan sedikit informasi di atas, berarti kalian sudah paham kan? Mulailah nge-blog! b( ' O ' )9" semangat ya! Ganbatte! Sekian info dari kami. Sering-sering berkunjung ya!


  

Related Post :

0 Comments for "Cara Membuat Blog Cepat Mudah Gratis"